Selasa, 16 Juli 2013

Mari Bersedekah

Assalamualaikum...

Alhamdulillah hari ini kita telah menunaikan puasa ramadhan hari ke-7. Apakah sahabat semua sudah pada taraweh ?? Aku ingin berbagi apa yang disampaikan ustadz pada kulibasmen (kuliah lima belas menit) malam ke-8 ramadhan hari ini.. Tema yang disampaikan mengenai pentingnya bersedekah..


Beberapa pesan yang aku dapat dari kulibasmen hari ini adalah pada saat kita bersedekah, maka malaikat Allah akan berdoa kepada Allah agar memudahkan rezeki kita. Dan begitu sebaliknya, pada saat kita dalam keadaan berkecukupan tapi tak mau bersedekah, maka malaikat Allah akan berdoa kepada Allah agar mempersulit rezeki kita. Dengan bersedekah maka insyaallah kita tidak akan miskin dan insyaallah Allah akan mencukupkan rezeki kita.

Allah berfirman "Jika kamu menampakkan sedekah (mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikan dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu; dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan".
(QS. Al Baqarah-271)

Nabi Muhammad S.A.W bersabda "Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sedekah". (HR. Al-Baihaqi)

Dan dalam hadits lain yang dinarasikan oleh Abu Hurairah (r.a), Nabi Muhammad S.A.W pernah bersabda "Tidak ada hari yang disambut oleh para hamba melainkan disana ada dua malikat yang turun, salah satunya berkata: "Ya Allah, berikanlah ganti kepada orang-parang yang berinfaq. Sedangkan (malaikat) yang lainnya berkata: "Ya Allah, berikanlah kehancurang kepada orang-orang yang menahan (hartanya)". (HR. Bukhari-Muslim)

Ternyata bersedekah itu tidak hanya dengan harta loh sahabat semua, tapi kita juga dapat bersedekah walaupun kita tidak memiliki harta yang melimpah. Dimana pada suatu hadits Nabi Muhammad S.A.W dikatakan bahwa "Tiap muslim wajib bersedekah. Para sahabat bertanya "Bagaimana kalau dia tidak memiliki sesuatu?" Nabi menjawab "Bekerja dengan ketrampilan tanganya untuk kemanfaatan bagi dirinya lalu bersedeqah." Mereka bertanya lagi "Bagaimana kalau dia tidak mampu?" Nabi menjawab "Menolong orang yang membutuhkan yang sedang teraniaya". Mereka bertanya "Bagaimana kalau dia tidak melakukannya?"Nabi menjawab "Menyuruh berbuat ma'ruf". Mereka bertanya "Bagaiman kalau dia tidak melakukannya?" Nabi menjawab "Mencegah diri dari berbuat kejahatan itulah sedekah". (HR. Bukhari-Muslim)

Jadi bagaimana sahabat? Tidak ada lagi alasan bagi kita untuk tidak bersedekah. Mulai sekarang marilah kita membiasakan diri untuk bersedekah. Walau tidak banyak yang penting kita sudah berniat dengan ikhlas untuk bersedekah. Insyaallah Allah akan memberikan ganjaran baik untuk hamba-Nya karena Allah tidak akan pernah ingkar dengan janji-Nya.

Jika sahabat masih ingin lebih mengetahui lagi tentang sedekah, sahabat bisa berkunjung Kesini dan Kesini.



"MARI BERSEDEKAH"


Rizky Kurniawan Bin Jafaruddin
Medan, 7 Ramadhan 1434 H.


SBC's Ramadhan Writting Challenge #3
 

2 komentar:

  1. Menyisihkan sebagian harta yang kita miliki bagi mereka yang membutuhkan,,,,,
    Nice Blog mas :)

    BalasHapus
  2. alhamdulillah..
    makasih mas atas tanggapan n kunjungan nya.. :D

    BalasHapus