Jumat, 19 Juli 2013

Mari Menjaga Hati

Assalamualaikum...


Alhamdulillah hari ini merupakan jumat ke-2 di bulan Ramadhan 1434 H. Alhamdulillah masih diberikan kesempatan untuk merasakan nikmatnya sholat jumat dan menambah ilmu dengan mendengarkan khutbah jumat. Hari ini ustadz menjelaskan mengenai bagaimana cara menyembuhkan penyakit hati.

Penyakit hati merupakan penyakit bathin. Dimana penyakit ini tidak nampak. Berbeda dengan penyakit fisik yang dapat dilihat dan insyaallah dapat disembuhkan dengan berobat. Kebanyakan dari kita tidak menyadari bahwa hati kita sedang sakit, termasuk aku juga yang tidak mengetahui hati ini sedang sakit.


Beberapa hal yang menyebabkan hati menjadi sakit adalah sifat sirik, dengki, selalu berbuat maksiat. Dimana setiap kita melakukan perbuatan" ini maka akan timbul sedikit noda pada hati kita dan lama-kelamaan noda ini semakin banyak sehingga membuat hati kita menjadi sakit dan mati.

Alhamdulillah hari ustadz memberikan cara agar kita dapat mengobati hati kita yang sedang sakit. Bukan dengan obat"an, tidak perlu ke dokter, tidak perlu merogoh kantung yang dalam. Apa saja cara" yang dapat menjadi obat bagi hati kita yang sakit?


Beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mengobati hati yang sedang sakit:

1. Membaca Al-Quran dan Memahami Maknanya.
Dengan membaca Al-Quran, insyaallah dapat membuat hati kita menjadi tenang dan sedikit demi sedikit dapat mengobati hati kita yang sedang sakit. Karena dengan membaca dan memahami maknanya maka kita akan mengerti akan pesan yang disampaikan pada Al-Quran sehingga membuat kita tidak memikirkan hal" yang tidak penting dan selalu melakukan apa yang disampaikan pada Al-Quran.

2. Berpuasa (Mengosongkan Perut).
Dengan berpuasa, maka kita telah mengosongkan lambung untuk bekerja secara berat dan dapat memberikan waktu lambung untuk beristirahat.

3. Sholat Malam
Dengan mendirikan sholat malam, kita juga dapat mengobati hati kita yang sakit. Dimana ditengah malam yang sunyi kita sholat dan mengadukan segala keluh kesah kita kepada Allah maka insyaallah dapat mengobati hati kita yang sakit.

4. Merenungkan dan Menyesali Perbuatan yang Buruk
Dengan merenungkan dan mengingat kesalahan" kita lalu kita menyelasinya dan bertobat dengan sungguh" tobat, insyaallah dapat menjadi obat bagi hati kita yang sedang sakit.

5. Memakan Makanan yang Halal.

Sudah jelas makanan yang halal maka akan membawakan dampak yang baik bagi tubuh kita. Kebanyakan dari kita berpikiran hanya sekedar memakan makanan yang halal tapi tidak melihat proses kita mendapatkan makanan tersebut. Makanan yang halal adalah makanan yang dihalalkan dan diperoleh dengan cara yang halal pula. Jika makanan yang halal tap kita dapatkan dengan cara yang haram maka makanana itu akan menjadi haram untuk dimakan walaupun makanan itu dihalalkan.
"JAGALAH HATI AGAR HATI TIDAK SAKIT DAN MATI"

Rizky Kurniawan Bin Jafaruddin
Medan,10 Ramadhan 1434 H

SBC's Ramadhan Writting Challenge #6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar