Selasa, 11 September 2012

Biking Day

Assalamualaikum...
Medan, sept 9th, 2012..


Pagi hari jam 5 aku telah bangun dan mempersiapkan barang-barang yang akan diperlukan untuk bersepeda pagi ini. Jadwal berkumpul ditentukan jam 6 pagi di biro rektor USU. Jarak rumah dan kampus bukan jarak yang dekat dan bukan juga jarak yang saangat jauh, kalau dihitung berdasarkan hitungan km ya kira-kira 12 km lah, kalau berdasarkan waktu kurang lebih 35-40 menit.

Setelah selesai sholat shubuh dan perlengkapan yang dibutuhkan telah siap, saatnya gerak menuju lokasi pertemuan. Sekitaran jam 5.30 pagi, aku gowes pedal sepeda menuju ke lokasi. Perlahan ku gowes sepeda melewati jalanan pagi yang masih sunyi. Yang ada hanya satu dua kendaraan yang beberapa kali berpapasan dengan ku di jalan

Udara pagi yang sangat segar masuk ke paru-paru. Udara yang sangat jarang di dapat jika aktivitas manusia telah mulai padat di jalanan. Perlahan demi perlahan, jalan demi jalan, tikungan demi tikungan, orang demi orang, beberapa lampu lalu lintas pun terlewati tanpa beban. Akhirnya telah sampai di dekat kampus. Karena di USU ada 4 pintu masuk, jadi aku milih masuk dari pintu 3 karenaa yang dekat dengan biro rektor dan jalan yang biasa aku lewati saat ingin menuju ke fakultas teknik. Ternyata pintu 3 belum dibuka sama seperti pintu 2 yang telah aku lewati. Alhamdulillah ada jalan kecil yang bisa dilewati dengan sepeda di sebelah pagar pintu 4.


Tanpa aku sadari sebelumnya, ternyata dibelakang ku ada juga seorang laki-laki yang bersepeda juga. Dia juga melakukan hal yang sama seperti yang aku lakukan. Ku coba melihat kebelakang mungkin aku kenal pesepeda itu. Karena masih gelap jadi wajahnya tidak bisa begitu terlihat dengan jelas. Aku perkirakan aku tidak mengenal dia karena dari sepeda yang digunakan bukan lah salah satu sepeda yang dipakai salah sau kawan ku.

Ku lanjutkan gowesan sepeda menuju tempat berkumpul. Sekitar jam 6.10 pagi, alhamdulillah sampai juga ke tempat berkumpul. Dari jauh aku mencoba mencari dimana kawan-kawan ku berkumpul, sudah ada beberapa orang yang berkumpul ternyata salah satu dari mereka adalah kawan ku yang bernama Andi. Ku gowes sepeda ku ke arahnya. Beberapa menit kemudian, ternyata pesepada yang aku lihat di dekat pintu 3 tadi sampai ditempat kami juga. Alangkah terkejutnya saat ku lihat wajahnya saat berhenti dekat dengan posisi ku berdiri, ternyata dia adalah bapak pembantu dekan 3 fakultas teknik (PD3 FT). Beliau ternyata bapak Ahmad Perwira. Astagfirullah, dalam hati aku berucap. Ternyata pesepeda yang dibelakang ku tadi adalah salah satu orang penting di fakultas ku.

Pagi ini hari pertama ku bersepeda bareng dengan unit K3M BTC-FT (Klub Kegiatan Kreatif Mahasiswa Bike To Campus Fakultas Teknik) + bapak PD3. Pak Perwira melakukan pengecekan terhadapa mahasiswa yang ikut bersepeda pagi ini. Ternyata masih banyak mahasiswa yang belum datang sedang dalam perjalanan menuju ke biro rektor. Pak Perwira memberikan waktu tunggu 15 menit untuk menunggu kawan-kawan yang lain. Sambil menunggu, ternyata di biro rektor pagi ini ada kegiatan senam pagi. Kami pun ikut senam terlebih dahulu, sekalian pemanasan lah kira-kira sebelum memulai kegiatan berkeliling medan dengan sepeda.

Sebelum berangkat kami sedikit mengabadikan foto yang tak seberapa di biro rektor. Sesuai tenggat waktu yang diberikan akhirnya kami berangkat memulai perjalanan kami di pagi ini. Konvoi pesepeda ini dipimpin oleh rekan Andi sebagai navigator pasukan (tukang tunjuk jalan :D). Perjalan pertama menuju lapangan benteng. Dalam perjalanan ternyata konvoi kami terbagi menjadi 2 regu. Regu depan sudah berada cukup jauh dari regu belakang. Aku dan Andi serta PD3 dan beberapa kawan berada di regu depan. Kami berhenti sebentar setelah sampai di lapangan benteng sekalian menunggu kawan-kawan yang ada di regu belakang. Regu belakang ada rekan Riki dan kawan-kawan lain yang datang terlambat lainnya. Sebagai koordinator, Riki harus sibuk mengecek anggota walau sudah didalam perjalanan.

Setelah semua sampai di lapangan benteng, pak Perwira memerintahkan untuk melanjutkan perjalanan lagi menuju titik berikutnya yaitu rumah pak perwira. Kami melewati lapangan merdeka (Merdeka Walk=MW), kemudian menuju jalan glugur dan masuk ke jalan adam malik. Dilanjutkan ke jalan gatot subroto dan belok ke jalan iskandar muda. Dalam perjalanan ini ternyata regu kembali terbagi menjadi 3 kelompok. Kelompok 1 ada Aku + Andi dan pak perwira beserta 3 kawan lain. Riki dan beberapa anggota lain ada di regu 2. Dan di regu 3 ada kawan-kawan lain yang jalan pelan-pelan karena melakukan pengawalan terhadap anggota cewek (cewek sangat langkah d FT jadi harus dijaga.. :D :)).

Setelah semua berkumpul lagi, kami melanjutkan perjalanan yang tersisa dari jalan gajah mada menuju rumah pak Perwira. Beberapa menit kemudian alhamdulillah kami sampai di rumah pak Perwira. Subhanallah rumah beliau buat ku sangat luar biasa. Dalam hati aku berdoa semoga bisa membangun rumah yang simple tapi tampak mewah seperti rumah beliau ini. Kami parkirkan sepeda di depan rumah beliau dan menuju teras belakang rumah beliau. Alhamdulillah ternyata disana telah disedikan sarapan pagi buat kami semua. Satu per satu kami ambil nasi bungkus dan makan bersama di halaman belakang. Beliau pun tidak malu-malu untuk gabung dengan kami mahasiswa nya.

Sambil sarapan beberapa kawan mulai bercerita dan bercanda sehingga suasana kekeluargaan pun tercipta.

Pengalaman pertama menjadi anggota baru yang sangat menyenangkan. Bukan sekedar bersepeda bareng tapi juga mendapat kawan-kawan baru + bisa lebih dekat dengan dosen.


"Untuk hidup sehat itu mudah.
Mulai lah dari langkah kecil.
Kita butuh tindak nyata,
bukan sekedar omongan.
Mari kita jaga bumi kita ini dengan mengurangi polusi
Mari kita mulai dari diri kita, keluarga kita dan lingkungan kita."

4 komentar:

  1. Selamat bergabung bang, ayo kita hijaukan bumi kita ini :)

    BalasHapus
  2. "Cewek sangat langka d FT jadi harus dijaga.. :D"
    Penggalan kalimat itu membuat saya menahan tawa loh Rizky :P

    Hadeeeuh :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. napa ditahan ketawa nya kak, kn g dilarang ketawa..
      masih gratis loh kak untuk tertawa :P

      Hapus