Jumat, 27 Juli 2012

Renungan (2) : 4 Golongan yang Dirindukan Surga

Assalamualaikum..
Bismillahirrahmanirrahim..

Empat golongan yang dirindukan surga:

1. Orang yang menjaga lisannya
    Dibulan Ramadhan kita tidak hanya melatih diri menahan lapar dan dahaga, tetapi melatih diri untuk memiliki sikap yang baik. Lisan merupakan salah satu yang akan mempengaruhi pahala ibadah kita. Peribahasa mengatakan "Mulutmu Harimaumu". Ucapan kita dapat membuat orang lain sakit hati. Dibulan Ramadhan ini saatnya kita melatih lisan kita agar lebih baik lagi dengan cara melatihnya dengan membaca tasbih atau dengan kalimat-kalimat Allah lainnya, ataupun dengan diam.

2. Orang yang membaca Alquran
    Barang siapa yang menghiasi rumahnya dengan membaca Alquran, insyaallah dia akan selalu dirindukan surga. Membaca disini bukan sekedar membaca sembarangan saja, tetap membaca dengan ikhlas dan memahami makna dari kalimat yang dibaca.
    Membaca Alquran bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga lisan kita untuk tidak mengucapkan hal-hal yang kurang baik sehingga mampu menghilangkan pahala ibadah kita.


3. Orang yang memberi makan orang yang lapar
    Orang lapar disini terbagi atas 2 golongan, yaitu Musafir dan Orang berpuasa yang fakir. Dengan memberikan makanan dengan ikhlas kepada saudara-saudara kita yang sedang lapar, maka kita akan termasuk salah satu orang yang akan dirindukan surga. 1 makanan yang dimakan akan diganti Allah 700x lipat. Subhanallah.. Dibulan Ramadhan ini kita diajak untuk peduli dengan saudara-saudara kita yang kurang beruntung dengan memberikan mereka sebagian makan dan minum untuk berbuka.
    Kalau di mushola daerah rumah saya, sudah ada jadwal setiap rumah untuk bergiliran memberikan makanan ke mushola. Bukan maksud membatasi ya, tapi agar pemberian makanannya tidak mubajir. Jika ingin memberi makanan tiap hari boleh. Hal ini dibuat agar sampai akhir Ramadhan tetap ada warga yang memberikan makanan untuk berbuka dan untuk yang tadarusan di mushola..

4. Orang yang berpuasa dibulan Ramadhan
    Orang yang berpuasa dibulan Ramadhan juga termasuk yang akan dirindukan surga. Tentunya bukan sembarangan puasa ya, tapi orang-prang yang berpuasa dengan ikhlas dan mampu menjaga tingkah lakunya.

Mari bersama kita beramai-ramai mencari amalan kebaikan dibulan Ramadhan yang penuh berkah dan ampunan ini. Jangan sampai kita mensia-siakan bulan Ramadhan tahun ini karena tidak ada yang tahu apa Ramadhan tahun depan kita masih jumpa lagi..

Semoga kita termasuk orang-orang yang dirindukan oleh surga-Nya.. amiiiinnn
Wassalamualaikum..

4 komentar:

  1. Subhaanallah, mudah2an kita mampu meraih salah satu atau bahkan semua kriteria yang dijelaskan diatas, InsyaAllah.. Ammiiin

    BalasHapus
  2. Semoga kita semua termasuk ke dalam orang yang dirindukan surga,amiin

    BalasHapus
  3. amiinnn..

    makasih mbak kunjungannya.. :D

    BalasHapus